Ada 10 ciri karyawan yang baik yaitu :
1. Komunikator
Setiap pimpinan pasti menyukai karyawan yang memiliki kemampuan
berkomunikasi dengan baik dan mengekspresikan diri secara jelas, baik
secara tertulis maupun saat berbicara. Komunikasi yang tidak akurat atau
tidak tepat antar karyawan dapat menyebabkan banyak masalah bagi
perusahaan.
2. Pekerja Keras
Tidak mudah mendapatkan karyawan yang pekerja keras. Bisa saja
seorang karyawan mengatakan dirinya seorang pekerja keras, padahal
sebenarnnya dia tidak selalu bekerja saat masih jam kantor. Karena itu,
Anda perlu mengingatkan diri sendiri tentang pentingnya bekerja keras
sebagai karyawan.
3. Bekerja Secara Tim
Setiap perusahaan terdiri dari beberapa tim. Setiap perusahaan juga
membutuhkan usaha tim dengan efektif. Karena itu, setiap tim diharapkan
mampu bekerjasama dan solid. Karyawan yang mampu bekerjasama secara tim
diibaratkan semut pekerja.
4. Mampu Beradaptasi dan Mampu Belajar
Karyawan yang baik tahu bagaimana harus menyesuaikan diri dengan
lingkungan baru, bersedia mempelajari hal hal baru dan melakukan yang
terbaik dalam setiap perubahan serta cenderung menjadi pemain terbaik
dalam organisasi apapun.
5. Memotivasi Diri Sendiri
Seorang karyawan yang baik tidak pernah ragu ragu mengambil tanggung
jawab atau posisi yang lebih tinggi. Dia juga siap untuk bekerja diluar
tugasnya sehari hari yang berkaitan dengan pemecahan masalah perusahaan
atau pencapaian tujuan perusahaan.
6. Membantu Orang Lain
Setiap karyawan akan menghargai uluran tangan karyawan lain jika ia
sedang membutuhkan bantuan. Jangan ragu untuk membantu orang lain. Hal
ini akan menjalin hubungan persahabatan dengan rekan kerja dan menjaga
kantor berjalan lancer. Sikap karyawan yang helpful pada waktunya akan dihargai oleh pimpinan dan rekan kerja.
7. Jujur
Seorang karyawan yang baik adalah jujur terhadap pekerjaannya. Mereka
cukup kritis dan bersedia menerima saran dan kritikan karena menganggap
bahwa hal itu sangat penting untuk menjadi pelajar yang baik.
8. Sopan dan Beretika
Menjadi ramah tidak akan merugikan Anda. Karyawan yang baik tentu
akan menyambut rekan kerja mereka dengan sebuah sapaan hangat, ‘selamat
pagi’, mengatakan hal hal yang sopan seperti ‘terima kasih’ dan
‘silahkan’. Hal tersebut mungkin tampak sepele, namun membuat karyawan
justru merasa lebih dihargai. Seorang karyawan yang baik juga mengikuti
kebijakan perusahaan dan bisa mengilhami orang lain untuk melakukan hal
yang sama. Ada aturan kerja yang dibuat dan harus diikuti. Ada sopan
santun di setiap tempat yang harus dijaga.
9. Disiplin dan Tepat waktu
Setiap atasan menyukai karyawan yang disiplin dan tepat waktu. Waktu
adalah uang. Datang terlambat ke kantor, mengambil jam istrahat untuk
sesuatu yang tidak perlu, menunda nunda pekerjaan dan meninggalkan
kantor lebih awal dari jam kerja akan membuat perusahaan membuang buang
biaya mempekerjakan karyawan semacam itu. Atasan akan kurang menghargai
karyawan yang tidak mampu berdisiplin.
10. Mencuri Poin dan Menghormati Privasi
Salah satu praktek yang paling umum dilakukan di kantor adalah ‘mencuri poin’ karyawan lain agar
terlihat sebagai karyawan teladan. Seorang karyawan yang baik tentu
tidak akan melakukan atau membiarkan rekan kerja kehilangan poinnya.
Seorang karyawan harus selalu ingat bahwa dia datang ke kantor untuk
bekerja dan menciptakan karir. Jangan menyebarkan gosip kantor atau
rumor. Seorang karyawan yang baik akan menghormati privasi rekan
kerjanya, menjaga dan melindungi hal yang bersifat rahasia perusahaan
atau bisnis perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar